SINYO HARRY SARUNDAJANG (SHS)…. LANJUTKAN!!!

KEBERHASILAN KEPEMIMPINAN GUBERNUR SULAWESI UTARA, S. H. SARUNDAJANG

Puji syukur dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena selama 5 tahun kepemimpinan SINYO HARRY SARUNDAJANG sebagai Gubernur Sulawesi Utara, dengan didukung berbagai komponen masyarakat, Kota Nyiur Melambai, kita telah mengecap  keberhasilan dalam berbagai bidang, baik pemerintahan, pembangunan maupun kemasyarakatan. Keberhasilan ini semua ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat Sulut. Sebagai bukti nyata keberhasilan tersebut, berbagai penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia, bahkan Negara sahabat pun, berhasil diraih, diantaranya: […..]

-.Primaniyarta Award 2007 (kategori UKM Eksport),

– Investment Award

– Penghargaan Peningkatan Ketahanan Pangan Nasional 2008

– Peningkatan Produksi Beras 2008 diatas 5%

– Penghargaan Pengelolaan Keuangan Daerah. Atas hasil ini  Departemen Keuangan memberi insentif sebesar Rp. 32 miliar

Penghargaan Penyelesaian dan Penetapan APBD tepat waktu. (2007, 2008, 2009)

– Bintang Mahaputra Utama dari Presiden RI, Soesilo Bambang Yudhoyono.

– Presidential Citation dari Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo. Ini merupakan penghargaan tertinggi pertama yang diberikan Pemerintah Filipina, bagi seorang gubernur negara lain. Presidential Citation ini merupakan pengakuan resmi Pemerintah Filipina atas kapabilitas dan kualitas serta jasa-jasa S.H Sarundajang dalam membangun hubungan bilateral Indonesia – Filipina, khususnya Sulawesi Utara – Filipina Selatan.

People of the Year dari Seputar Indonesia

MICE Award

Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dari Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi.

Penghargaan di bidang kesehatan, Askes Award.

Berbagai penghargaan tersebut di atas tidak lepas dari usaha Pemerintah bersama masyarakat. Indikator yang telah ikut menjadi penentu berbagai keberhasilan itu diantaranya:

KONDISI EKONOMI       SULAWESI UTARA

Laju Pertumbuhan Ekonomi Sulut mengalami peningkatan signifikan, dari 4,9% (2005), menjadi 6,47% (2007). Selanjutnya, meningkat mencapai 7,56% (2008). Dan, pada 2009 menjadi 8,31%, dengan inflasi terendah 1,92% dibanding  tahun-tahun sebelumnya.

Pendapatan perkapita meningkat dari Rp. 9,8 juta (2006) menjadi Rp.12,6 juta (2009).

Investasi Sulut juga mengalami peningkatan, dari Rp. 4,03 triliun (2006) menjadi Rp. 7,48 triliun (2008). Sementara untuk nilai eksport, sebesar 8,33 triliun (2007), meningkat mencapai 10,94 triliun (2008).

APBD Provinsi Sulut 2009, memasuki babak baru penganggaran dengan penerimaan menembus angka 1 triliun lebih, yakni Rp. 1.007.593.617,00, jauh melampaui angka APBD 2005 yang hanya pada posisi Rp. 464.577.477.926,-

Jumlah pencetakan sawah baru mencapai 400 ha. Pemanfaatan lahan tidur melalui optimalisasi lahan seluas 1.346 ha.

Jumlah tenaga kerja terserap 2009 mencapai 962.627 orang. Kontribusi terbesar pada sektor pertanian; 386.873 orang, Pertambangan, industri, listrik, air, dan konstruksi sebanyak 133.545 orang. Perdagangan, hotel, restoran, angkutan, keuangan, jasa pemerintahan dan jasa-jasa lainnya, 442.209 pekerja.

Pada 2009 Sulut berhasil mencapai Swasembada Pangan, Produksi padi 208 sebesar 520.193 ton.  (tiga tahun terakhir mengalami peningkatan di atas 5%). Jagung 466.041 ton 2008.

2010, Manado dijadikan Home Base maskapai penerbangan Lion Group (Wings Air)

Sulawesi Utara ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Suksesnya pelaksanaan World Ocean Conference (WOC), Coral Triangle Intiative (CTI) Summit dan Sail Bunaken 2009, telah mengantarkan Sulut semakin dikenal dunia. Hal ini menjadi pemicu dan pemacu bagi Sulut sebagai Pintu Gerbang Indonesia di kawasan Asia Pasifik.

INFRASTRUKTUR DAERAH

Program infrastruktur daerah selang 4 tahun berjalan telah memberikan kontribusi pada:

Peningkatan kualitas jalan nasional dan provinsi.

Penyelesaian Jalan Lintas Utara (Likupang – Wori –Manado – Tumpaan – Worotican – Poigar – Kaiya –Maelang – Biontong – Atinggola), dan lintas Selatan (Likupang – Girian – Kema – Rumbia – Buyat – Molobog – Onggune – Mamalia – Taludaa) yang terus dilaksanakan sampai 2010 ini.

Penyelesaian jalan Manado Outer Ring Roat tahap II, termasuk penyelesaian pembangunan Jembatan  Soekarno sampai 2010 (multy years).

Selain itu, mendukung kegiatan produksi, pengelolaan dan distribusi hasil-hasil pertanian, sampai dengan 2008 telah dibangun sarana jalan poros desa di 50 desa agropolitan dan pusat pertumbuhan ekonomi.

Penyediaan jalan desa dan air bersih pada pulau-pulau kecil serta kawasan perbatasan di 30 desa. Penyediaan infrastruktur di 309 desa tertinggal dan terpencil.

Kelanjutan pembangunan jalan lingkar Selatan dan Utara Sulut, yang menghubungkan Manado, Wori, Likupang, dan Bitung.

Pelebaran jalan Airport–Manado, perluasan Apron dan terminal Bandara Sam Ratulangi.

Pembangunan hotel-hotel berbintang mencapai 22 hotel (2009). Hotel melati, sebanyak 205 hotel.

Pembangunan dermaga penyeberangan Likupang, Amurang, Manado-Bunaken, Tagulandang, dan Kabaruan;

Pengadaan kapal penyeberangan perintis 85 gt lintas Manado–Bunaken, dan 300 gt lintas Melonguane-Kabaruan–Salibabu.

Pembangunan fasilitas pelabuhan laut di Miangas, Melonguane, Essang, Beo, Kakorotan, dan Marampit.

BIDANG SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN

Terbangunnya sarana prasarana pendidikan selang 2005-2009, seperti Laboratorium IPA SD, SMP, SMA/SMK sebanyak 225 unit;. Perpustakaan 438 unit. Rehabilitasi gedung sekolah 994 unit; Beasiswa SMP Terbuka sebanyak 1.802 siswa; BKM 2579 orang; Beasiswa prestasi (SMP) 393 siswa; Beasiswa cacat inklusif 689 orang; Beasiswa Guru 1000 orang. Beasiswa miskin 7431 orang serta Bantuan Studi/Beasiswa D3, S1, S2 & S3 mencapai 1196 peserta.

Selang 2005-2009 telah dibangun 7 RS Pemerintah dan Swasta serta Puskesmas, berjumlah 22 unit.  Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Indeks) Sulut masuk peringkat II nasional sesudah DKI Jakarta dengan nilai 73,2%.

Sampai 2008 Angka Bebas Buta Aksara bertengger di peringkat I nasional dengan capaian 99,90%. Artinya, Sulut masuk kategori daerah bebas buta huruf.

Usia Harapan Hidup (Life Expectation) 71,2 tahun, lebih baik dari nasional (69 tahun).

Kasus gizi kurang di Sulut hanya 8,5% atau masih dibawah rata-rata nasional (20%).

PENUTUP

Untuk tetap menjaga dan mengawal keberlanjutan pembangunan Sulawesi Utara kedepan yang makin maju, berdaya saing dan sejahtera, maka apabila masyarakat Sulawesi Utara masih memberikan kepercayaan kepada saya untuk memimpin Sulawesi Utara selama 5 tahun kedepan, saya siap menjalankan amanah rakyat, melanjutkan pembangunan di Sulawesi Utara tercinta.

Untuk itu, saya Sinyo Harry Sarundajang, Gubernur Sulawesi Utara periode 2005 – 2010, memohon dukungan dalam Pilkada tahun 2010 ini untuk bisa melanjutkan pembangunan di Sulawesi Utara tercinta dengan visi. “Membangun Tanpa Korupsi” dan untuk menjadikan Sulawesi Utara sebagai Pintu Gerbang Indonesia di kawasan Asia Pasifik demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat.

Dengan dukungan dan kepercayaan segenap komponen masyarakat Sulawesi Utara dari Miangas sampai Pinogaluman, saya bertekad mewujudkan visi dan impian Sulawesi Utara sebagai Pintu Gerbang Indonesia di kawasan Asia Pasifik. Saya sangat berkeyakinan bagi kita yang ingin melihat Sulawesi Utara maju, bagi kita yang dengan jiwa besar penuh tanggungjawab terdorong untuk mewariskan kepada generasi mendatang, masa depan yang lebih baik dan lebih cemerlang. Jadi, tidak ada alasan bagi Sulawesi Utara, untuk tidak bisa menjadi daerah yang maju, berdaya saing dan unggul di abad ke-21.

Justru beberapa peristiwa penting dan strategis level global seperti WOC, CTI Summit dan Sail Bunaken 2009 telah menjadi bukti sekaligus tonggak sejarah, bahwa “Kita Bisa; Sulawesi Utara Bisa”. Bahwa Sulawesi Utara memiliki kemampuan menjadi daerah yang maju bertaraf internasional, tanpa harus kehilangan jati diri dan nilai-nilai kearifan lokal dan nasional dalam kerangka negara Kesatuan Republik Indonesia yang ber-Bhineka Tunggal Ika, berdasar Pancasila dan UUD 1945.

Terima kasih atas dukungan masyarakat Bumi Nyiur Melambai dari Miangas sampai Pinogaluman selama ini, dan mari kita  LANJUTKAN !!!

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s