RENCANA BESAR SHS UNTUK SULAWESI UTARA

Pintu Gerbang Indonesia di Asia Timur

Saya berkomitmen menjadikan Sulut sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang kuat di Asia Timur. Saya akan membuat ekonomi menjadi tangguh melalui arus investasi dan pembangunan infrastruktur. Ekonomi Sulut akan mengalami peningkatan dengan terbukanya kesempatan kerja dan kebutuhan biaya hidup terjangkau bagi masyarakat.

[….]

Mewujudkan Pelabuhan Nusantara Bitung menjadi Pelabuhan Internasional

Terwujudnya rencana pembangunan pelabuhan bertaraf internasional akan membawa kemajuan bagi perekonomian dan perdagangan masyarakat.

Mengembangkan Pariwisata

Mengembangkan industry wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) untuk iven-iven nasional maupun internasional. Meningktkan kualitas pelayanan wisata Sulut sebagai Pintu Gerbang Pariwisata Nasional. Mewujudkan Sulut sebagai “Bali Kedua” Indonesia. Mengembangkan potensi wisata alam laut, pegunungan, religi dan budaya.

Pusat Pendidikan Terbaik di Kawasan Timur Indonesia

Semua harus sekolah, menjadi program prioritas. Meningkatkan mutu pendidikan agar terwujud masyarakat cerdas dan berdaya saing tinggi. Menjadikan Sulut sebagai pusat pendidikan terbaik di Kawasan Timur Indonesia. Selain itu, sentuhan informasi dan teknologi harus sampai di daerah-daerah terpencil.

Meningkatkan Fasilitas Kesehatan

Menjadikan Sulut sebagai Pusat Pelayanan Kesehatan terbaik Indonesia Timur melalui peningkatan infrastruktur dan pelayanan kesehatan yang lebih baik, sehingga terwujud masyarakat yang sehat dengan harapan hidup yang panjang.

Mempertahankan Swasembada Beras

Terus meningkatkan produksi beras sehingga Sulawesi Utara tetap menjadi daerah swasembada beras.

Mewujudkan Kawasan Perbatasan sebagai Beranda Depan Indonesia

Meningkatkan pengamanan dan pembangunan di kawasan perbatasan.

Menjaga Keseimbangan dan Keadilan Usaha

– Meningkatkan peran pelaku bisnis dalam kegiatan ekonomi lokal, regional, dan global.

– Menyediakan perlindungan khusus untuk usaha kecil dan menengah.

Memelihara Stabilitas Daerah

– Mempertahankan predikat Sulut sebagai daerah yang aman, nyaman dan damai di Indonesia

– Memantapkan kerukunan antarumat beragama yang rukun dan harmonis.

Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumberdaya Alam Berwawasan Lingkungan

Mengelola dan memanfaatkan sumberdaya alam secara optimal dan berkelanjutan, meliputi:

– Agroindustri (pertanian, perkebunan dan kehutanan)

– Pengelolaan sumberdaya pesisir dan laut

– Melindungi dan melestarikan sumber air untuk kebutuhan air minum, listrik, irigasi, perikanan, peternakan dan kebutuhan lainnya.

Terus Membangun Pemerintahan yang Bersih; Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

Managemen keuangan yang transparan dan akuntable. Membangun untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

“Saudara-saudaraku, rakyat Sulawesi Utara yang saya cintai dan banggakan…”

Serangkaian babak penting dalam perjalanan sejarah Sulawesi Utara telah kita lalui bersama dengan gemilang dan penuh kebanggaan, yakni ketika kita bergandengan tangan, bahu-membahu, satu dalam irama, menyukseskan penyelenggaraan kegiatan berskala dunia, World Ocean Conference, Coral Triangle Initiative (CTI) Summit dan Sail Bunaken 2009.

Atas kerja keras kita bersama, Sulut telah dikenal dan diperbincangkan secara nasional dan global. Kita berhasil meyakinkan sekaligus membuktikan kepada banyak pihak bahwa bumi “Nyiur Melambai” yang kita cintai ini, layak menjadi tuan rumah untuk kegiatan berskala internasional. Berbagai apresiasi, pujian dan rasa bangga mengalir, namun semuanya saya dedikasikan kepada seluruh rakyat Sulawesi Utara. Inilah kerja keras kita semua, sebuah pembuktian bersejarah untuk masa depan yang menjanjikan.

Tidak ada alasan lain mengapa saya mengajak saudara-saudara bergabung dalam iring-iringan besar mendukung ide monumental menjadi tuan rumah kegiatan bertaraf internasional tersebut, selain mencuri perhatian dunia tentang potensi dan keunggulan yang kita miliki untuk dikembangkan demi kesejahteraan kita bersama. Kita siap, kita mampu dan kita bisa.

Saya masih punya rangkaian gagasan besar melanjutkan perubahan untuk Sulawesi Utara dari berbagai aspek, yang tentu hanya bisa terwujud jika kita melanjutkan kembali iring-iringan kebersamaan ini. Saya ingin melanjutkan langkah dengan meletakkan anak tangga emas demi masa depan Sulawesi Utara yang lebih Sejahtera, Berdaya Saing dan Berbudaya. Tujuan akhirnya, yakni mengurangi kemiskinan, mengurangi pengangguran, menciptakan lapangan kerja, memajukan daya saing daerah.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s