NILAI PLUS SHS UNTUK BANGSA DAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA


PENGHARGAAN MARINE MANAGEMENT LEADERSHIP KEPADA SBY

MAHAKARYA SHS, KEMBALI DIAKUI DUNIA

IDE BRILIAN; mahakarya putera daerah yang berpikir dan bertidak global kembali diakui dunia dengan diterimanya penghargaan Marine Management Leadership dari Badan Lingkungan PBB (United Nation Environment Program, UNEP) oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhioyono untuk inisiatif di bidang kelautan yang terefleksi oleh lahirnya konsensus Manado pada saat diselenggarakannya WOC 2009 yang lalu.

Award tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Eksekutif UNEP, Achim Stainer, setelah SBY secara resmi membuka pertemuan Special Session dari The UNEP Governing Council/Global Ministerial Environmental Forum (GC-UNEP) di Nusa Dua, Bali. […..]

Achim Stainer adalah pejabat PBB yang pertama kali memberi dukungan pelaksanaan WOC di Manado dengan menunjuk Direktur Asia Pasifik UNEP untuk menjadi Focal Point untuk urusan pelaksanaan WOC.

Konsensus Manado adalah isi dan esensi dari pelaksanaan WOC yang didukung oleh delegasi seluruh negara peserta WOC. Konsensus tersebut bisa diserap dari Deklarasai Manado, CTI Summit, dan Global Ocean Policy yang semuanya lahir pada puncak acara WOC dan CTI Summit yang dieselnggarakan di Manado pada bulan Mei 2009.

Merupakan penghargaan dunia terhadap upaya Indonesia untuk mengangkat laut sebagai salah satu isu sentral dalam program mitigasi dan adaptasi terhadap pemanasan global dan perubahan iklim. Penghargaan tersebut merupakan dorongan nyata bagi pemerintahannya untuk berperan secara aktif dan terus melanjutkan pengelolaan potensi sumberdaya kelautan termasuk perlindungan ekosistem terumbu karang.

Pada saat penyerahan Achim Stainer mengatakan bahwa semakin banyak orang yang sadar akan kebutuhan untuk mengatasi tantangan lingkungan saat ini tetapi kepemimpinan yang baik dibutuhkan untuk menangani masalah ini. Pendapat Achim Stainer merupakan refleksi kepemimpinan SHS yang memuluskan pelaksanaan WOC di Manado.***

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s