SHS SUDAH MELETAKAN DASAR DAN KINI SIAP MELANJUTKAN

Walewangko: Lanjutkan Pembangunan, Wujudkan Rakyat Sejahtera

Freddy Walewangko, Jurubicara Tim SHS Center mengatakan, kunjungan sejumlah pejabat Negara di daerah ini seharusnya dilihat sebagai suatu program dinamis Pemerintah Propinsi yang sedang mempersiapkan Sulawesi Utara punya daya siang kedepan dan unggul dalam berbagai bidang. […..]

“Pemerintah Propinsi Sulut, kini sedang mempersiapkan seluruh sumberdaya yang ada sehingga bisa go to head. Apalagi, bangsa ini sedang menyongsong diberlakukannya kerja sama perdagangan bebas (Free Trade Agreement/FTA) Asean-China, Sulawesi Utara harus benar-benar siap,” kata Walewangko, ketika  ditemui wartawan, Minggu, di lokasi pelaksanaan Sidang Sinode GMIM ke-75 yang dipusatkan di Tondano, Minahasa. Ditambahkannya, momentum sukses World Ocean Conference (WOC), Coral Triangle Initiative (CTI) Summit dan Sail Bunaken adalah sejumlah paradigma terukur tentang perjalanan Sulut ke arah lebih maju.

Sebagaiman diketahui, beberapa waktu terakhir ini, Propinsi Sulawesi Utara dikunjungi beberapa pejabat Negara, diantaranya, Pangdam VII Wirabuana Mayjen Hari Krisnomo, Menteri Koperasi UKM Syarifuddin Hasan, dan terakhir Menteri Pertanian Ir. H. Suswono, MMA. “Dalam pertemuan dengan Pemerintah Propinsi, ketiga pejabat Negara ini, menyatakan kesiapan mereka untuk mendukung program-program pemerintah sesuai dengan kewenangan masing-masing,” jelas Walewangko.

Bahkan, tambah Walewangko, khusus di bidang pertanian, Menteri Pertanian, Ir. H. Suswono, MMA, sudah menyatakan dengan tegas berada di belakang Sinyo Harry Sarundajang  dalam menyukseskan swasembada pangan di daerah ini. “Kalau ada kendala dalam membudidayakan usaha-usaha di bidang pertanian, hubungi saya langsung melalui SMS Center Menteri Pertanian nomor 081383034444. Saya akan langsung jawab,” kata Walewangko menirukan ucapan Menteri Suswono yang disampaikannya ketika berlangsung temuwicara dengan kelompok tani di desa Kayuogo, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolmong Utara.

Sementara, Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan, menjanjikan akan membantu koperasi-koperasi di Sulawesi Utara dengan modal tanpa jaminan sebesar Rp 5 juta perkelompok. Selain itu, Menteri akan berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM untuk melihat ketersediaan angaran di tahun 2010 ini guna membantu masyarakat nelayan di Kabupaten Sitaro, Sangihe, dan Kabupaten Talaud untuk membangun pabrik es (Cold Storage). “Bila dana masih tersedia, tahun ini juga pabrik dimaksud sudah bisa terealisasi,” kata Menteri Syarifuddin Hasan, saat melakukan kunjungan di Siau, Kabupaten Sitaro, pekan lalu.

Sedangkan Pangdam VII Wirabuana Mayjen Hari Krisnomo, berjanji akan menambah kekuatan untuk menjaga wilayah perbatasan di Sulut. “Kita memang sudah memrogramkan untuk memperkuat penjagaan di wilayah-wilayah perbatasan. Sebab, wilayah perbatasan adalah adalah garda terdepan bangsa ini untuk mempertahankan NKRI,” kata Pangdam ketika itu.

Dengan sejumlah bantuan yang telah dijanjikan beberapa pejabat Negara ini, kata Walewangko, masyarakat Sulut sudah selayaknya bersama untuk menyukseskan program-program yang telah digagas Sinyo Hary Sarundajang, Gubernur Propinsi Sulawesi Utara. “Tujuan kita semua sama, yakni pembangunan bisa dilanjutkan secara berkesinambungan dan menjadikan rakyat Sulut sejahtera,” kata Walewangko. (mcs)

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s