SATU LAGI TEROBOSAN SHS, SULUT SEKRETARIAT REGIONAL CORAL TRIANGLE INITIATIVE (CTI)

Warga Sulut Sambut Antusias, Manado Pusat Penyelamatan Lingkungan

Kantor Sekretariat Regional CTI di Kayuwatu, Manado, Sulut

Masyarakat Sulawesi Utara menyambut penuh antusias keputusan pemerintah pusat yang menetapkan Manado, Sulawesi Utara sebagai Sekretariat Regional Coral Triangle Initiative (CTI). Sebab, dengan adanya Sekretariat Regional CTI di Manado, tentu akan menjadi nilai tambah untuk masyarakat. Tak hanya dari sisi pembangunan dan perekonomian, tentu saja di bidang ilmu pengetahuan bakal banyak gagasan-gagasan baru terkait penyelamatan lingkungan laut khususnya, bakal lahir dari kawasan yang berada di bibir Pasifik ini. […..]

Gubernur Sinyo Harry Sarundajang, selaku tokoh sentral di belakang layar yang melobi ke pemerintah pusat agar sekretariat tersebut ada di Sulut, patut dibangakan. Dia adalah tokoh yang berandil besar membangun Bumi Nyiur Melambai.

Gerry Awal Missa, mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta di Manado, mengatakan, dengan penetapan ini, akan banyak peneliti dunia hadir di Manado melakukan research terumbu karang dan penyelematan lingkungan. “Saya yakin, ini akan membuat nama daerah kita semakin dikenal di dunia internasional,” cetus Missa.

“Tak hanya itu, dunia pengetahuan Sulut bakal terus termotivasi dengan keberadaan Sekretariat Regional CTI. Sebentar lagi, daerah kita akan memiliki peneliti-peneliti handal dan bekerja sama dengan ilmuwan internasional,” timpal Donny Motolalu, mahasiswa Universitas Della Salle.

Sependapat dengan mereka, Eva Pontororing, warga Tondano. “Ini tak terlepas dari tangan dingin Sarundajang yang punya komitmen terus membangun daerah menjadi lebih baik. Warga Sulut patut berbangga dengan terobosan Pak SHS,” kata Eva Pontororing.

Sebelumnya, Gubernur atas nama rakyat Sulawesi Utara, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Indonesian yang mempercayakan Sulawesi Uatara sebagai Sekretariat Regional CTI. Sebab, menurut Gubernur, ditetapkannya Manado sebagai Sekretariat Regional CTI, dipastikan akan berpengaruh besar terhadap pembanguan dan roda perekonomian di daerah Nyiur Melambai ini.

Dari informasi yang diterima, Sekretariat Regional CTI yang nantinya dibiayai dari dana APBN murni sebesar  Rp 50 milar tersebut, akan dibangun sekompleks dengan Grand Kawanua, bangunan raksasa yang diperuntukan kegiatan rapat, konvensi di kawasan Kayuwatu. Grand Kawanua sebelumnya digunakan untuk iven internasional WOC dan CTI-Summit pada pertengahan 2009 lalu.

Penentuan lokasi Sekretariat Regional Prakarsa Segitiga Terumbu Karang di Indonesia, sebelumnya dikabarkan akan ditempatkan di Pulau Dewata Bali. Informasi ini, mencuat menyusul hasil pertemuan pejabat tinggi (Senior Official Meeting/SOM) ke-4 di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, ketika Indonseia ditetapkan sebagai sekretariat sementara CTI hingga tahun 2011. “Namun, dengan kegigihan Gubernur Sarundajang, akhirnya Pemerintah Pusat berhasil diyakinkan dan menetapkan Manado sebagai Sekretariat Regional CTI,” demikian Freddy Walewangko, Juru Bicara SHS Center. (mcs)

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s