DJOUHARI KANSIL, JAWABAN KERINDUAN WARGA NUSA UTARA

WARGA TATOR SULUT DUKUNG SARUNDAJANG

Djouhari Kansil saat roadshow di Kepulauan Siau menyempatkan diri mengunjungi makam Raja Siau I, Lokombanua, di Ondong, Siau

SITARO – Isu yang dikembangkan lawan politik mengenai Djouhari Kansil tidak diterima masyarakat Nusa Utara, terbantahkan sudah. Road show kandidat Wakil Gubernur Sulawesi Utara Djouhari Kansil pendamping Calon Gubernur 2010-2015 Sinyo Harry Sarundajang yang popular dengan jargon SHS BERHASIL ini, di bumi Sitaro, disambut dengan penuh antusias dan kegembiraan di mana-mana. Khusus di Desa Pehe, Ondong, Siau, tempat Djouhari Kansil lahir dan dibesarkan, Senin, master pendidikan ini disambut dengan dukungan penuh. Warga di sini bahkan melakuan ibadah syukuran khusus, berkaitan dengan direstuinya Djouhari Kansil sebagai pendamping SHS. [….]

Malam syukuran, di Desa Pehe Ondong, meski ditekan oknum pemerintah, sejumlah guru juga pegawai pemerintah tetap ikut berbaur bersama warga dan relah menghabiskan waktu sampai larut malam hanya ingin bersama Djouhari Kansil yang ketika kunjungan itu ditemani istri tercinta Mike Tatengkeng. Sejumlah penduduk di Kepulauan Siau menyatakan dukungan yang bulat hanya kepada pasangan representasi Nusa Utara ini, SHS BERHASIL. “Kami tidak perduli apa kata orang. Bu (Djouhari Kansil), sudah yang terbaik bagi Nusa Utara. Nusa Utara hanya Djouhari Kansil. Nyanda (tidak, red) ada pilihan lain,” demikian Opo Lao, Dese Pehe, Ondong Siau, semalam.

Sementara dalam pertemua tokoh-tokoh masyarakat Nusa Utara, Adris Lutia dengan penuh semangat menegaskan bahwa baginya tidak ada kata lain, SHS-BERHASIL harus menang. Ini saatnya kita mengapresiasi penghargaan yang diberikan Sinyo Harry Sarundajang. “SHS adalah gubernur terbaik. Sedang Douhari Kansil adalah pejabat bersih, birokrat, dan berkemampuan. Dan, yang terpenting bagi kita adalah Djouhari Kansil putera terbaik Sulut yang berasal dari Nusa Utara. Jadi, tidak ada kata lain, SHS-Djouhari Kansil harus menang,” tegas Lutia.

Ditambahkan, Ny R.C. Lutia-Madelu, bahwa suara Nusa Utara harus dikonkritkan. “Selama ini, saya sedih. Banyak anak-anak kita sering tidak mau mengaku sebagai putera asli Nusa Utara, karena keterkebelakangan daerah ini. Dan, kita tidak menutup mata dengan fenomena ini, bahwa seringkali warga Nusa Utara sendiri yang mengerdilkan daerah ini. Nah, sekarang kesempatan sudah di tangan, hidangan sudah ada, terserah kita apakah akan kita lepas atau diambil. Saya sarankan kita ambil kesempatan ini, demi masa depan Nusa Utara,” jelasnya.

Dan bagi Olden Karambut, menjelaskan bahwa Nusa Utara kini telah diletakkan pada orbit yang terhormat. Kita sudah diakui di Bumi Nyiur Melambai. Kondisi ini sudah begitu lama dinantikan dan sekarang terwujud. Apakah kita hanya akan biarkan ini berlalu? Tentu tidak. Mari kita bersatu hati, menyatukan tekat, menangkan kandidat Nusa Utara yang sangat dibanggakan ini.

Hal senada juga diungkapkan Zeth Wallo, Bu Tahanusang, Bram Sandala, Johannes Saul, Pdt Alfons Sahabang, juga E. Salindeho. Bagi mereka, sebagai warga Nusa Utara kita tidak perlu melihat Djouhari Kansil secara pribadi. Tapi, yang harus  dikedepankan adalah representasi Kansil sebagai putera terbaik Nusa Utara. Jadi, ajak mereka, mari, tinggalkan dulu berbagai kepentingan, satukan tekat dan pilihan hanya kepada kandidat SHS BERHASIL.  Menurut mereka, kalau kesempatan ini tidak diambil, suatu saat Nusa Utara bakal menyesal dengan keangkuhan sesaat ini. “Jadi, marilah kita angkat harkat dan martabat Nusa Utara. Emas sudah dalam genggaman. Raih itu, niscaya kedepan tak akan ada lagi anak-anak Nusa Utara yang malu mengakui sebagai putera-puteri Nusa Utara,” ujar mereka sepaham.

Sementara itu, sejumlah masayarakat Tanah Toraja melalui tim yang beranggotakan, masing-masing Ir Ponglaba, Drs RM Bulo, Drs Jan Pajau, Mickle Batualo, SE., dan A. Sirappa, SE.,  menyatakan dengan bulat bahwa seluruh warga Tanah Toraja (Tator) di Sulawesi Utara mendukung sepenuhnya kepemimpinan Sinyo Harry Sarundajang. Alasannya, SHS telah mampu membuktikan melalui hasil-hasil pembangunan di Sulut. Di tangan SHS, Sulut menjadi salah satu daerah yang maju, sejahtera dan terpandang, baik nasional maupun inetrnasional. “Kami tokoh masyarakat Toraja yakin dengan kepemimpinan SHS, bahwa Sulut kedepan akan lebih baik dan maju. Apapalgi dengan pola kepemimpinan SHS yang bebas korupsi,” ujar kelima tokoh Tator ini saat bertandang di kantor redaksi.                                                                          (mcs)

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s