SHS DAMAIKAN PENDUDUK YANG BERTIKAI DI TORUAKAT DAN PUSIAN

SHS DAMAIKAN WARGA TORUAKAT-PUSIAN YANG BERTIKAI

Pasca kunjungan pemerintah propinsi di desa Toruakat, sejumlah tokoh masyarakat desa dan pemerintah setempat dari tingkatan desa hingga Kabupaten, menyampaikan terima kasih dan rasa bangga mereka atas sikap Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang, pemimpin yang arif dan bijaksana dalam menangani permasalahan yang terjadi di daerah mereka beberapa waktu lalu. SHS dinilai berhasil mendamaikan kedua daerah yang sampai kunjungan Gubernur ini masih dalam keadaan siaga karena takut terjadi serangan susulan.

Seorang warga sedang meratapi puing-puing rumahnya yang ludus dilalap api saat pertikaian antarwarga kampung di Desa Toruakat, Kecamatan Dumoga Timur, Kabupaten Bolmong, beberapa waktu lalu.

[…..]

Kebanggaan ini tercetus dari ungkapan beberapa tokoh masyarakat juga pemerintah setempat seusai SHS –begitu sapaan akrab Sarundajang— saat berdialog langsung di desa Toruakat. “Kami sangat banga dan berterima kasih dengan perhatian yang ditunjukkan Sarundajang. Kami merasakan kesejukan hati dan kedamaian tercipta seketika, setelah Ia (SHS) menyapa langsung dan merangkul kami, bagai anak dan orang tua dalam satu rumah tangga bahagia. Kami sangat lega,” kata Bobby Anggol dan Bahdar Lasabuda, tokoh masyarakat Desa Toruakat, disela kunjungan Gubernur Sarundajang, meninjau langsung laokasi pertikaian.

Sependapat dengan mereka, tokoh agama Haji Daeng Mapuji pun memuji kepedulian yang dilakukan Gubernur Sarundajang. “Ini suatu tindakan terpuji yang patut di catat di lubuk hati yang paling dalam. Misi perdamaian yang sering kita dengar dilakukan SHS ketika menjabat Gubernur di Maluku Utara dan Maluku (Ternate/ Ambon), ternyata tidak sekedar cerita. Kehadiran Gubernur di daerah kami tercinta, Toruakat, telah melahirkan bibit perdamaian diantara masyarakat yang bertikai,” aku Mapuji.

Sementara itu, Christovel Kamasaan, Camat Dumoga Timur didampingi Kepala DesaToruakat, Jeffry Pangkei, menyampaikan terima kasih atas simpati yang ditunjukkan pemerintah propinsi Sulawesi Utara yang dipimpin langsung Gubernur Sarundajang. “Atas nama waga disini, kami mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas kunjungan pemerintah propinsi yang dipimpin langsung Gubernur Sarundajang. Terima kasih juga atas bantuan Gubernur yang telah diterima warga sebesar Rp. 250 juta,” kata Kamasaan haru.

Gubernur Sarundajang, saat meninjau lokasi kejadian perkara, meminta kepada warga untuk tetap menahan diri. Kepada yang rumahnya menjadi korban, pemerintah propinsi akan member perhatian. “Untuk penanggulangan awal, pemerintah memberikan masing-masing Rp 10 juta kepada keluarga yang tertimpa musibah,” kata Gubernur.

Dan, pintah Gubernur, kepada seluruh masyarakat menghentikan perbuatan-perbuatan yang bisa mengakibatkan kerugian dikedua pihak yang bertikai. “Saya minta kepada aparat kepolisian untuk mengusut tuntas siapa dalang dan pelaku perbuatan keji tersebut. Karena ini sudah masalah hukum, siapun yang bersalah harus dihukum berat. Dan, kepada warga supaya menahan diri. Biarlah peristiwa ini ditangani pihak berwajib,” tegas Gubernur.

Saat terjadi pertikaian antarwarga Desa Toruakat dengan Desa Pusian, di Kecamatan Dumoga Timur, Kabupaten Bolmong, sebanyak 25 KK (Kepala Keluarga) kehilangan tempat tinggal. Informasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong, Rafiqa Bora, SE, bahwa pihaknya juga sudah mendapatkan instruksi dan petunjuk Ibu Bupati (Marlina Moha Siahaan), untuk segera menangani rehabilitasi bangunan rumah milik masyarakat di kedua desa tersebut.
Sebagaimana diketahui, tarkam (tawuran antarkampung) yang melibatkan warga Toruakat dan Pusian itu terjadi pada Minggu (21/02) dinihari sekitar pukul 02.00 WITA. Akibat tarkam itu, setidaknya lebih dari 20 rumah dikedua desa tersebut luluh lantak akibat dibakar massa yang bertikai. Kecuali kehilangan rumah, masyarakat yang rumahnya terkabar pun harus kehilangan harta benda lain di dalam rumah dan tak sempat diselamatkan. Untunglah tak ada korban jiwa dalam peristiwa yang mendapat perhatian luas berbagai kalangan itu.***

0811436040

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s